Sablon Jenis Apakah Yang Bagus Untuk Baju?

Posted by Alatsablonmedan.co.id 05/03/2021 0 Comment(s)

Dalam dunia konveksi, distro maupun garment terdapat begitu banyak jenis tinta sablon yang dapat diaplikasikan pada baju namun tidak semua tinta dapat diaplikasikan pada semua bahan karena masing-masing tinta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa jenis sablon yang sering digunakan di pasaran, yaitu :

  1. Sablon Rubber
    Kelebihan : Memiliki daya rekat yang cukup bagus. Warna yang dihasilkan jelas dan terang, sehingga dapat diaplikasikan hampir ke semua bahan kain.
    Kekurangan : Memiliki sifat seperti karet, sehingga sablon ini tidak terlalu tahan panas. Disarankan untuk tidak menyetrika pada bagian baju yang ada sablonnya.

     
  2. Sablon Plastisol
    Kelebihan : Plastisol memiliki karakteristik yang hampir sama dengan sablon rubber. Plastisol memiliki kemampuan untuk mencetak dot ukuran kecil dengan kualitas prima.
    Kekurangan : Plastisol tidak tahan terhadap panas.

     
  3. Polyflex
    Kelebihan : Hasil warna cetakan terang, mendetail, awet, dan tahan lama.
    Kekurangan : Tidak bisa cetak warna gradasi dan tidak tahan panas.

     
  4. Sablon Tinta Discharge
    Kelebihan : Tinta mudah menyerap dan tampak menyatu dengan kain.
    Kekurangan : Hanya cocok untuk kain / baju yang berbahan katun dan tidak cocok digunakan pada baju yang berbahan polyester.

     
  5. Sablon Tinta Superwhite
    Kelebihan : Memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan aman untuk proses cuci dengan metode apapun.
    Kekurangan : Harga lebih mahal, cepat mengering, dan warna cenderung pudar / soft, sehingga lenih cocok untuk desain retro / vintage.

     
  6. Printing DTG ( Direct to Garment )
    Kelebihan : Memiliki kemampuan untuk mencetak kaos dengan hasil warna yang sesuai dengan desain. Selain itu, proses mencetak juga lebih cepat jika dibandingkan dengan sablon manual karena menggunakan mesin printing.
    Kekurangan : Harga dan perawatan mahal.

    Jadi jenis sablon manakah yang terbaik untuk baju ? Semua kembali pada masing-masing kebutuhan anda dalam membuat baju yaa...

    Demikianlah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis sablon yang bagus untuk baju, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua.