Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Tinta Digital Printing

Posted by Lia 16/03/2021 0 Comment(s)

Ketika kita ingin membangun suatu bisnis yang pertama kali muncul di benak kita adalah apa saja  alat yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis  tersebut. Sama halnya ketika kita akan membangun bisnis digital printing, ada beberapa alat dan bahan yang harus kita persiapkan sebelum usaha dimulai.

Salah satu yang dibutuhkan yaitu Tinta Digital Printing. Tanpa adanya tinta tersebut maka usaha kita tidak akan pernah bisa dijalankan. Berdasarkan formula dan fungsinya tinta digital printing terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu :

  • Tinta Printer Dye Base
    Tinta dye base adalah jenis tinta yang dominan berbahan dasar air (H2O) dan dicampur dengan bahan pewarna (Colorant) yang dapat menyatu dengan sempurna, sehingga kemungkinan tinta mengendap atau mampet pada printhed sangat kecil.
    Tinta printer tipe dye water ini paling sering digunakan pada printer standard, karena hasil cetak yang bagus dan hasil print di kertas foto sangat baik dan cerah.
    Dari segi harga jenis tinta dye base ini juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pewarna untuk jenis tinta lainnya. Namun, hasil cetak dari tinta dye base kurang tajam, pekat, tidak tahan air atau luntur jika dibandingkan dengan tinta pigment.

     
  • Tinta Printer Pigment / Durabrite
    Tinta ini memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, dan tahan air jika dibandingkan dengan tinta dye base. Formula tintanya terdiri dari air (H2O), diluent, colourant pigment, dan lain-lain. Kualitas cetak yang dihasilkan lebih baik, anti air (water proof), tajam dan tahan lama disemua jenis kertas.
    Adapun kekurangan dari tinta ini yaitu jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu maka print head akan tersumbat oleh bahan pewarna tinta yang mengedap atau mengering pada nozzle head.

     
  • Tinta Printer Sublimation
    Tinta printer sublimation ini merupakan tinta water base yang sering digunakan oleh pengguna infus printer untuk mentransfer gambar hasil print ke media, printer-printer standar yang digunakan untuk mencetak berbagai jenis bahan sablon, seperti : baju kaos, pin, mug, keramik, dan lain-lain. Karakteristik tinta sublim jauh lebih tahan lama terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat.
    Formula tinta sublim dominan memiliki kandungan minyak, pewarna (colorant), diluents, dan zat lainnya. Oleh karena itu tinta sublim memiliki tingkat ketahanan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tinta pigment. Namun resiko print head tersumbat lebih besar jika dibandingkan dengan tinta pigment. Metode transfer yang digunakan yaitu cetak ke kertas HVS atau injet paper, kemudian di heat press ke kaos, mug, keramik, dan lain sebagainya.

     
  • Tinta Printer Pigment Art Paper Ink
    Tinta jenis ini paling sering digunakan di percetakan sklala kecil maupun skala besar yang sering mencetak di kertas art paper ivory. dengan kuantity kecil untuk gambar full color.
    Tinta ini juga dapat digunakan untuk mencetak diatas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti : Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, epson 1390, Epson 1290, dan lain-lain.

     
  • Tinta Printer Solvent
    Tinta jenis ini terbuat dari bahan-bahan yang mendekati cat duco dan ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe-tipe printer outdoor sehingga tinta ini memiliki ketahanan yang paling baik terhadap air dan UV.
    Tinta ini banyak digunakan untuk mencetak banner, spanduk, billboard, neonbox dan yang lainnya untuk outdoor printing karena hasil cetaknya lebih awet terhadap air dan UV. Namun tinta ini berbau menyengat.

     
  • Tinta Printer Eco Solvent
    Tinta ini sama halnya dengann tinta solvent, hanya saja karakteristiknya sedikit kurang tahan terhadap UV. Akan tetapi, tinta eco solvent tidak berbau menyengat seperti tinta solvent. Dengan demikian tinta eco solvent ini banyak digunakan untuk indoor printing.


    Setiap printer mempunyai atau menggunakan jenis tinta printer yang berbeda-beda, jadi sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Demikianlah sedikit penjelasan tentang jenis-jenis tinta digital printing, semoga bermanfaat...